11 Cara Menjaga Kesehatan Alat Reproduksi Wanita

No comment 376 views

Cara Menjaga Kesehatan Alat Reproduksi Wanita. Alat Reproduksi wanita merupakan salahsatu bagian tubuh pada kaum hawa yang rentan mudah terinfeksi serta mengalami luka.. Hal ini diakarenakan banyaknya aktifitas yang kita lakukan di bagian alat reproduksi wanita. Tentunya wanita akan mengalamin masa menstruasi dan melahirkan. Maka dari itu, penting untuk menjaga kesehatan alat reproduksi yang termasuk menjadi salah satu kesehatan wanita ini.

Kesehatan alat reproduksi wanita merupakan keadaan sehat yang menyeluruh sehingga alat reporduksi wanita mampu melakukan reproduksi secara normal. Oleh karena itu, seorang wanita memiliki tanggung jawab yang besar untuk tetap menjaga kebersihan organ intimnya.

Ketika wanita sudah melewati masa usia tertentu mereka harus menjaga alat reproduksinya lebih intens dan sangat diperhatikan lagi. Adapun cara untuk menjaga kesehatan alat reproduksi wanita adalah sebagai berikut:

 

 

11-cara-menjaga-kesehatan-alat-reproduksi-wanita

 

  1. Sering ganti pembalut saat haid

Sering ganti Pembalut saat haid terutama pada awal menstruasi karena biasanya sering mengeluarkan banyak darah. Karena darah merupakan media yang paling efektif untuk perkembangan kuman.

  1. Bersihkan bagian luar Vagina

membersihkan bagian luar vagina setelah buang air dengan mengunakan air bersih. Ini merupakan hal paling dasar untuk menjaga salah satu kesehatan wanita.

  1. Ganti celana dalam setiap hari

Ganti celana dalam kita setiap hari, setidaknya 2 kali sehari. Kamu juga bisa menggunakan panty liner guna mencegah keputihan menempel pada bagian celana dalam Kamu. Saat kita tidur juga sebaiknya kita tidak menggunakan celana dalam, hal ini untuk memudahkan  sirkulasi darah dan udara menjadi lancar.

  1. Jaga kebersihan alat cukur.

Pastikan alat cukur yang kita gunakan untuk membersihkan kemaluan kita itu bersih. Karena ada beberapa kasus menyebabkan infeksi dan bisul dikarenakan alat cukur yang digunakan tidak bersih.

  1. Jangan merokok.

Karena kebiasaan merokok juga akan memicu kerusakan pada ovarium. Ovarium yang rusak bisa mengakibatkan kegagalan pada proses pembuahan. Karena ovarium adalah tempat untuk proses pembuahan sel telur.

  1. Lakukan pemeriksaan rutin untuk alat reproduksi

Kebanyakan dari kita masih rishi dan malu untuk memeriksakan alat reproduksi kita ke dokter. Padahal banyak kasus keterlambatan diagnosis terhadap penyakit pada reproduksi karena kita wanita masih enggan memeriksakan kesehatan alat reproduksi kita.

  1. Hindari douching

Douching hanya akan menghilangkan bakteri lactobacilli dan juga akan memicu iritasi kulit. Bahkan hal ini juga bisa menyebabkan kondisi alat reproduksi kita menjadi lemah dan tidak sehat.

  1. Hindari menggunakan Sabun pembersih

Jangan menggunakan sabun pembersih pada alat reproduksi kita karena hal ini akan memicu kondisi kekeringan, iritasi kulit dan akhirnya kana menyebabkan gata-gatal pada alat kealmin kita.

  1. Bedakan tanda-tanda keputihan.

Keputihan biasanya terjadi saat wanita akan mendekati masa menstruasi, jika keputihan menunjukkan intensitas yang berlebihan dan warna kehijauan atau berdarah sebaiknya segera periksakan diri Kamu ke dokter.

  1. Biasakan Pola hidup yang Sehat

Pola hidup yang sehat sangatlah penting. Kita bisa menerapkan pola hidup sehat dengan cara mengontrol berat badan, serta melakukan diet sehat. Karena berar badan yang berlebih biasanya akan emmperngaruhi siklus menstruasi pada wanita.

  1. Lakukan pembersihan organ initm

Kita bisa melakukan pembersihan organ initm menggunakana air. Baik itu sebelum dan setelah melakukan hubungan badan. Sebaiknya buang air kecil lebih kurang setengah jam setelah berhubungan badan, hal ini akan mengurangi risiko infeksi kandung kemih.

Demikian beberapa tips kesehatan yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan alat reproduksi wanita. 😀

 

 

 

 

author

Leave a reply "11 Cara Menjaga Kesehatan Alat Reproduksi Wanita"