7 Cara Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Dan Kandungannya

No comment 267 views

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil - Kesehatan seorang ibu hamil ternyata  memiliki efek yang sangat besar terhadap calon buah hatinya. Untuk itu jika kamu menginginkan buah hati kamu terlahir dengan sehat, kamu harus menjaga kesehatan wanita kamu. Memiliki bayi yang sehat tentulah menjadi dambaan setiap para ibu hamil, untuk mendapatkannya tentu saja kamu harus berusaha dan selalu menjaga kandungan kamu. untuk kamu yang sedang hamil, kamu harus melalukan banyak hal yang dapat membuat calon jabang bayi terlahir dengan sehat dan tumbuh menjadi anak yang cerdas. Untuk hal tersebut kamu dapat mengikuti tips cara menjaga kehamilan ibu hamil untuk mendapatkan buah hati yang terlahir sehat berikut ini.

Banyak penyesuaian tubuh yang dipicu oleh hormone saat kamu hamil, semua itu berguna agar bayi dapat cepat tumbuh dengan normal dan sehat dalam kandungan. berikut ini adalah beberapa tips menjaga kehamilan dan menjaga kesehatan ibu hamil dan sang buah hati.

 

7-cara-menjaga-kesehatan-ibu-hamil-dan-kandungannya

Cara menjaga kesehatan ibu hamil

 

Menjaga Pola Makan

Cara menjaga kesehatan ibu hamil yang pertama adalah dengan menjaga pola makan. Pola makan yang baik yaitu dengan memenuhi tubuh akan asupan vitamin, mineral dan gizi lainnya yang diperlukan demi kelancaran tumbuh kembang sang janin. Kamu juga bisa berkonsultasi mengenai apa saja makanan-makanan yang cocok dikonsumsi agar janin selalu sehat. Dan  jangan pernah sekali-kali menjalankan program diet ketika hamil.

 

Menghindari rokok, minuman beralkohol, serta membatasi kafein

Salah satu faktor yang bisa menyebabkan persalinan prematur,  keguguran dan masalah kehamilan yang lainnya adalah merokok saat hamil. Dalam beberapa penelitian mengaitkan rokok dengan kondisi bibir sumbing. Hindari minuman beralkohol karena bisa meningkatkan risiko berat bayi lahir rendah, gangguan bicara, dan menjadi hiperaktif. kurangi asupan kafein saat hamil untuk menghindari risiko keguguran dan masalah lain dalam menjaga kehamilan Kamu.

 

Mengendalikan kondisi emosional

Berbagai emosi dapat dipicu saat kehamilan , seperti gembira, bersemangat hingga gelisah dan lelah. Ibu hamil seringkali cemas mengenai kondisi buah hatinya hingga kondisi finansial. Namun, jangan sampai hal-hal tersebut menyebabkan stress kepada sang ibu. Semua itu normal ketika ibu hamil mengalami perubahan emosi yang naik turun atau tiba-tiba merasa ingin menangis. Nikmati saja setiap proses dalam menjaga kehamilan dan jangan terlalu memaksakan diri. Mintalah dukungan dari keluarga dan pasangan. Jika perubahan mood menjadi sangat intensif, sebaiknya konsultasi dengan dokter atau psikolog.

 

Istirahat yang cukup

Bagi  seorang ibu hamil memang harus lebih banyak mengutamakan beristirahat, setelah mrlakukan berbagai aktifitas maka sebaiknya kamu dapat beristirahat untuk merilekskan pikiran dan tubuh yang telah lelah. Seorang ibu hamil harus meluangkan banyak waktu untuk beristirahat, karena dampaknya akan sangat berbahaya untuk seorang ibu hamil yang terlalu banyak beraktifitas dan terlalu lelah.

 

Biasakan untuk Kontrol ke dokter

Untuk cara menjaga kehamilan berikutnya yaitu dengan cara sering mengontol kondisi kehamilan, melakukan pemeriksaan kehamilan sehingga kamu dapat mengetahui tentang perkembangan kehamilan kamu.

 

Rutin Senam Selama Kehamilan

Kamu juga harus rutin menjalani olahraga selama masa hamil. Hal ini akan bermanfaat dalam menjaga dan membantu tubuh selalu bugar dan tidak terlihat lemas. Senam hamil memang sangat membantu dalam proses persalinan nantinya. Oleh karena itu lakukanlah senam kehamilan secara rutin.

 

Hindari  Stress

Kamu sebaiknya membiasakan diri untuk lebih tenang dan santai. Jang berpikir berat yang akhirnya bisa membuat kamu stres dan malah memperburuk kesehatan janin. Selain itu berpikir dengan tenang juga akan membuat bayi ikut merasa tenang di dalam kandungan. Selain itu, ini juga akan membuat janin tumbuh dengan bayi yang sehat dan cerdas di kemudian hari.

Mewaspadai tanda-tanda bahaya kehamilan

Mual dan muntah merupakan hal yang normal saat hamil muda, pada  umumnya  semakin ringan pada usia kehamilan 12-14 minggu. Konsultasikan dengan dokter kandungan jika mual dan muntah terus menerus, diiringi dengan demam, muntah berdarah, detak jantung tak beraturan, ataupun terjadi penurunan berat badan, dehidrasi dan pusing secara berlebihan.

Timbul flek ataupun perdarahan ringan saat kehamilan trimester pertama juga termasuk normal. Namun, waspadai ketika tkamu-tkamu keguguran seperti perdarahan saat hamil yang lebih banyak yang disertai sakit perut ataupun tidak. Ada kemungkinan terjadi infeksi yang perlu segera ditangani dokter. Infeksi ini juga dapat menimbulkan gejala rasa panas atau nyeri saat buang air kecil.

 

Kehamilan trimester pertama atau kehamilan muda merupakan saat -saat yang harus kita beri perhatian khusus. Keluhan yang terjadi pada masa tersebut, harus disikapi dengan tepat. Konsultasikan segera pada bidan atau dokter, jika timbul tkamu-tkamu bahaya dalam menjaga kehamilan. Itulah beberapa cara untuk menajga kehamilan pada ibu hamil yang bisa kami share, semoga bisa membantu 😀

author

Leave a reply "7 Cara Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Dan Kandungannya"