Macam-Macam Kelainan Pada Tulang

No comment 4334 views

Kelainan pada Tulang - Kebanyakan orang yang memiliki penyakit tulang yang awalnya tidak memiliki gejala sama sekali. Ketika gejala terjadi, keluhan yang paling umum adalah nyeri tulang. Karena penyakit ini menyebabkan tubuh Anda untuk menghasilkan tulang baru lebih cepat dari biasanya, renovasi yang cepat menghasilkan tulang yang lebih lembut dan lebih lemah dari tulang normal, yang dapat menyebabkan nyeri tulang, deformitas dan fraktur.

 

penyakit pada tulang

 

Penyakit ini dapat mempengaruhi tidak hanya satu atau dua area tubuh Anda atau mungkin meluas. tanda-tanda dan gejala, jika ada akan tergantung pada bagian yang terkena tubuh Anda. Contohnya:

  • Penyakit Paget tulang di panggul dapat menyebabkan nyeri pinggul.
  • Pertumbuhan berlebih dari tulang tengkorak dapat menyebabkan gangguan pendengaran atau sakit kepala.
  • Tulang belakang. Jika tulang belakang Anda terpengaruh, akar saraf bisa menjadi dikompresi. Hal ini dapat menyebabkan nyeri, kesemutan dan mati rasa di tangan atau kaki.
  • Sebagai tulang melemah, mereka dapat menekuk - menyebabkan Anda menjadi bowlegged. tulang diperbesar dan cacat di kaki Anda dapat menempatkan tekanan ekstra pada sendi di dekatnya, yang dapat menyebabkan osteoarthritis di lutut atau pinggul.

 

Tulang yang merupakan jaringan keras yang terdiri dari kalsium dan mineral. Mereka bertanggung jawab untuk melakukan gerakan, dukungan, kekuatan dan struktur yang mendasari tubuh. Penyakit dapat merampok nutrisi tulang penting yang mereka butuhkan. gangguan lain yang didapat jika terlalu banyak kalsium, menyebabkan pertumbuhan jaringan yang berlebihan dan kelainan pada tulang juga.

 

Berikut Macam-Macam Kelainan Pada Tulang:

 

Osteoporosis

Osteoporosis terjadi ketika tulang kehilangan kepadatan. Tulang yang terus berubah. tulang baru diproduksi ketika tulang tua dipecah. Ketika kita tumbuh, lebih banyak tulang terbuat dari hilang sehingga tulang kita tetap kuat. Ketika kita mencapai usia tertentu, proses berbalik itu sendiri. Kurang tulang dibuat sementara lebih tulang rusak. Hal ini menyebabkan tulang melemah dan fraktur lebih mudah. Pinggul, pergelangan tangan dan tulang belakang adalah beberapa  contoh tulang yang lebih umum rentan terhadap patah tulang.

 

Penyakit Tulang Rapuh

penyakit tulang rapuh, atau osteogenesis imperfecta, adalah cacat bawaan yang menyebabkan kelainan pada gen yang memproduksi kolagen. Menurut Healthline.com, beberapa cacat dapat berasal dari kelainan ini. Tingkat keparahan osteogenesis imperfecta ditentukan oleh yang gen dipengaruhi. Seseorang memiliki sekitar kesempatan 50 persen lewat ke anak-anaknya. penyakit tulang rapuh ditandai dengan tulang yang patah dengan mudah. Beberapa orang mungkin memiliki warna kebiru-biruan mata mereka dan dalam beberapa kasus, tuli juga gejala.

 

Penyakit Paget

Penyakit Paget adalah gangguan tulang yang ditandai oleh peradangan pada tulang. Hal ini menyebabkan tulang menjadi membesar dan lembut, melemahnya mereka dan kadang-kadang menyebabkan susah untuk istirahat. Hampir setiap tulang dalam tubuh dapat dipengaruhi olehnya termasuk tulang paha, panggul dan tengkorak. Tidak seperti osteoporosis, yang biasanya mempengaruhi wanita, Paget lebih sering ditemukan pada pria yang lebih tua dari 40 tahun. Menurut Better Health Channel, diyakini bahwa setidaknya 3 persen dari kelompok usia terpengaruh dengan penyakit Paget.

 

Kanker Tulang

kanker tulang dimulai di tulang. Hal ini jarang terjadi, tetapi bisa mulai di hampir setiap tulang dalam tubuh. Sebagian besar kasus kanker tulang berasal dari tulang panjang tubuh. Osteosarkoma dimulai di bagian osteoid tulang, sementara chondrosarcoma dimulai di tulang rawan. Kanker tulang primer adalah kanker yang berasal dalam tulang itu sendiri. kanker Metastastic dimulai di daerah lain dari tubuh seperti paru-paru atau payudara dan bermetastasis ke jaringan tulang.

 

Hiperparatiroidisme

Hiperparatiroidisme terjadi ketika kelenjar paratiroid menghasilkan terlalu banyak hormon. berlebihan hormon paratiroid akan menyebabkan tulang untuk melepaskan terlalu banyak kalsium, menurut University of Maryland Medicine. Hal ini menyebabkan tulang menjadi lemah dan dapat menyebabkan patah tulang. Hal ini juga dapat menyebabkan osteoporosis dan gangguan lain yang mempengaruhi tulang.

 

Penyakit Tulang belakang

 

kelainan-pada-tulang-belakang

 

Salah satu dampak buruk dari bentuk rangka tulang adalah sikap tubuh yang slah. Ada rangka tubuh kita yang mudah mengalami gangguan tulang yakni tulang belakang atau tulang punggung. Berikut jenis kelainan tulang belakang:

  • Scoliosis, kelainen tulang punggung yang terlalu bengkok ke kiri atau ke kanan.
  • Tulang punggung bengkok ke depan, dan
  • Kifosis, yaitu tulang punggung terlalu bengkok ke belakang.

 

Patah Tulang

X-ray dari fractureFracture tangan mengacu pada sungsang atau istirahat dalam kontinuitas tulang. Meskipun, setiap tulang tubuh bisa retak jika kekuatan dampak parah, tulang yang paling sering patah adalah tulang panjang tubuh (seperti humerus, ulna, radius, femur, tibia dan fibula). Dalam beberapa individu yang rentan, tulang tulang belakang dan panggul juga bisa mendapatkan retak (sebagai akibat dari kecelakaan, jatuh atau penyerangan).

 

Displasia fibrosa

Ketika jaringan fibrosa (sejenis jaringan parut) menggantikan tulang normal, gangguan ini disebut displasia sebagai berserat. Hampir setiap tulang dapat dipengaruhi namun sebagian besar situs umum adalah tulang paha (femur), tulang kering (tibia), humerus, tulang panggul, tulang rusuk, tulang tengkorak dan tulang wajah. Hal ini juga dapat terjadi sebagai bagian dari masalah yang lebih kompleks dengan keterlibatan endokrinologis dari kelenjar tiroid (bermanifestasi sebagai tanda-tanda hiperaktivitas kelenjar tiroid), kelenjar adrenal (dimanifestasikan oleh munculnya pigmentasi kulit juga dikenal sebagai bintik-bintik cafe au lait) atau kelenjar pituitari (menyajikan dengan tanda-tanda pubertas prekoks).

 

Osteitis fibrosa kistik

Hyper-sekresi hormon tertentu seperti kelenjar paratiroid menyebabkan resorpsi tulang yang berlebihan yang mengarah ke lesi tulang kistik osteitis fibrosa. Peran utama dari hormon ini adalah untuk mengontrol kadar serum kalsium, fosfor, dan vitamin D yang akhirnya mengontrol mineralisasi tulang.

 

Osteochondritis dissecans

Osteochondritis dissecansIt adalah satu lagi kondisi tulang yang langka di mana tulang rawan terpsahkan dari tepi tulang panjang karena gangguan dalam suplai darah. Fitur pato-fisiologi utama dari gangguan ini adalah sendi yang tidak stabil sebagai akibat dari pemisahan fragmen tulang yang terkena. Paling sering terlibat sendi lutut, siku, pergelangan kaki dan panggul. potong copot dari tulang yang disebut sebagai "tikus bersama".

 

Tumor tulang

tumor tulang dapat berkembang sebagai keganasan primer atau dapat terjadi sebagai lesi metastasis sekunder. Tumor tulang primer mungkin jinak (dengan prognosis yang lebih baik dan risiko yang lebih rendah dari efek samping) atau ganas (dengan prognosis terburuk dan tingkat komplikasi yang lebih tinggi). Klasifikasi tumor tulang umumnya dilakukan menurut situs keterlibatan dan sifat agresif.

Incoming search terms:

  • kelainan pada tulang
  • Macam macam kelainan tulang
  • kelainan pada tulang paha
  • artikel kelainan pada tulang
author

Leave a reply "Macam-Macam Kelainan Pada Tulang"