Menjaga Kesehatan Reproduksi Pria Dan Wanita

No comment 652 views

Kesehatan Reproduksi - Bicara tentang kesehatan reproduksi pria dan wanita sama saja halnya berbicara tentang tanggung jawab terhadap kebersihan diri sendiri. Dimulai dari menjaga kebersihan pakaian. Contohnya yaitu m ada banyak hal dalam gaya hidup sehar-hari anda yang ternyata dapat beresiko mengganggu kesuburan dimulai dari kebiasaan buruk hingga kondisi fisik yang kurang ideal dan perawatan diri yang kurang baik. Oleh karena itu kita perlu menerapkan cara menjaga kesehatan reproduksi yang tepat.

Cara menjaga kesehatan reproduksi penting untuk diketahui kaum adam dan hawa untuk menjaga kesehatan wanita dan kesehatan pria tidak hanya cara menjaga baik dari luar saja,  Sering-seringlah membersihkan alat reproduksi kamu dengan air bersih setelah buang hajat seperti BAB dan buang air kecil, karena sisa kotoran yang menempel dapat menyebabkan terjadinya iritasi dan infeksi.

Untuk kaum hawa. Hindarkan kebiasaan menggaruk saat gatal karena bisa menimbulkan iritasi. Pakai tisu basah yang hangat dan basuh hingga bersih. Bagi  orang dewasa, membersihkan alat reproduksi wanita dan pria dapat dilakukan dengan cara mencukur bulu pada alat kel*min. Ini sangat berguna untuk menghilangkan bakteri dan kelembaban pada kem*luan.

Beikut cara menjaga kesehatan reproduksi pria maupun wanita:

 

menjaga-kesehatan-reproduksi-pria-dan-wanita

 

Tips menjaga kesehatan reproduksi wanita

  • Biasakan membilas v*gina setelah selesai buang air. Kebanyakan wanita tidak paham akan hal ini, banyak wanita yang membasuh organ intim dari anus ke arah v*gina. Yang benar adalah mencuci hingga bersih dengan membilasnya dari arah depan ke belakang
  • Jangan memakai celana dalam yang terlalu ketat, Karena dapat membuat area sekitar menjadi lembab.
  • Tissue memang sangat baik karena berfungsi menyerap air dan keringat. Namun tissue yang tercemar oleh kuman dan bakteri akan sangat berbahaya. Oleh sebab itu pakailah tisu yang beanr-benar higenis dan bersih.
  • Ganti celana dalam 2 kali dalam sehari. Dan Pastikan celana yang dikenakan mudah menyerap keringat. Jika tidak. Keringat akan menyebabkan bakteri bersarang pada anus sehingga bakteri akan masuk ke liang v*gina, dan mengakibat timbulnya rasa gatal di area v*gina.
  • Gunakanlah pembalut dengan tekstur yang lembut dan kering, hal ini untuk menghindari adanya iritasi saat kamu menstruasi. Ganti pembalut setidaknya setipa  5 hingga 6 jam sekali. karena darah yang tertampung pada pembalut akan tumbuhnya kuman yang bisa menyebabkan infeksi.
  • Jangan menggunakan pantyliner beraroma parfum secara rutin setiap hari karena bisa menimbulkan iritasi pada kulit
  • Jangan melakukan hubungan seksual saat haid. Karena saat haid dinding rahim cenderung lebih lunak sehingga mudah terjadinya luka.
  • Jangan gunakan sabun pembersih organ intim secara terus menerus. Karena ini akan mengganggu keseimbangan flora dalam v*gina. Apabila terlalu sering digunakan, akan timbul gatal-gatal di daerah organ intim.
  • beralihlah ke gaya hidup sehat dengan aktif berolahraga dan mengosumsi makanan dengan gizi seimbang dan Hindari juga depresi dan stres yang berlebihan.

 

 

Cara Menjaga Kesehatan Alat Reproduksi Pria

  • Berhenti Mengonsumsi Minuman Keras dan Merokok

pria yang suka mengonsumsi minuman keras secara berlebihan dan/atau berisiko menurunkan kualitas ataupun merusak sperma. Sperma dengan jumlah banyak merupakan kunci peluang kesuburan yang lebih tinggi.

  • Menjaga Berat Badan

Peluang untuk memiliki keturunan dapat berkurang jika seorang laki-laki mengalami obesitas.

  • Jaga agar T*stis Anda Tetap pada Suhu yang Sejuk

Jumlah sperma ditentukan juga oleh suhu t*stis. Pastikan testikel berada dalam suhu sekitar 34,5 derajat celcius atau suhu –1-2 derajat lebih rendah daripada suhu keseluruhan tubuh.

  • Batasi mandi dengan air hangat.
  • Kenakan pakaian dalam yang longgar dan nyaman dibandingkan yang ketat. Pakaian dalam yang ketat akan menyebabkan gerah.
  • Sunat Lebih Baik

P*nis dapat  menjadi sarang bagi bakteri untuk berkembang biak. sunat menjadi hal yang penting karena dapat mendatangkan banyak manfaat kesehatan bagi organ reproduksi pria.

 

author

Leave a reply "Menjaga Kesehatan Reproduksi Pria Dan Wanita"