Pencemaran Udara: Pengertian, Penyebab dan Dampaknya

No comment 862 views

Penyebab Pencemaran Udara - Apa polusi udara? Mereka berasal dari mana? Pelajari tentang polusi udara dan bagaimana hal itu mempengaruhi kesehatan Anda. Pengertian pencemaran udara adalah salah satu bentuk seperti yang mengacu pada kontaminasi udara, terlepas dari di dalam ruangan atau di luar. Sebuah perubahan fisik, biologis atau kimia ke udara di atmosfer dapat disebut sebagai pencemaran. Hal ini terjadi ketika salah gas berbahaya, debu, asap masuk ke dalam atmosfer dan membuat sulit bagi tanaman, hewan dan manusia untuk bertahan hidup sebagai udara menjadi kotor.polusi udara terus menjadi masalah kesehatan masyarakat yang penting.

Efek dari polusi udara tidak terbatas ke atmosfer. Polusi udara yang mengandung sulfur dioksida dan nitrogen oksida menyebabkan hujan asam, yang pada gilirannya mencemari sumber air dan tanah. Polusi udara bertanggung jawab untuk sejumlah penyakit lainnya termasuk penipisan ozon, asap dan gangguan kualitas udara dalam ruangan. Beberapa penyebab polusi udara berada di luar kendali Anda. Sumber-sumber lain dapat dikelola melalui perubahan gaya hidup Anda. Berikut ada beberapa penyebab pencemaran udara yang perlu untuk kamu ketahui.

 

penyebab pencemaran udara

 

Penyebab Pencemaran Udara:

 

Pembangkit listrik

AS Departemen Energi memperkirakan bahwa pembangkit listrik berbahan bakar fosil pembakaran menyediakan hampir dua-pertiga dari kebutuhan listrik nasional. gas alam dan batu bara membuat lebih dari 90 persen dari jumlah ini, menurut AS Administrasi Informasi Energi. emisi bahan bakar fosil mengandung gas rumah kaca utama, termasuk karbon dioksida, metana, nitrous oxide dan gas fluorinated.

Emisi kendaraan

emisi kendaraan adalah sumber lain dari emisi bahan bakar fosil dan polusi udara. menyumbang transportasi pribadi untuk sekitar 10 persen dari jejak karbon Anda, atau jumlah karbon dioksida gaya hidup Anda dan kegiatan berkontribusi ke atmosfer, melaporkan Carbon Footprint Ltd

Industri

Industri merupakan penyumbang utama polusi udara. proses industri melepaskan polutan seperti nitrogen oksida dan hidrofluorokarbon ke udara. praktek pertanian, pemeliharaan ternak dan tempat pembuangan sampah juga berkontribusi terhadap konsentrasi metana di atmosfer. Efek keseluruhan adalah peningkatan potensi pemanasan global.

Penggundulan hutan

Deforestasi mempengaruhi suasana dalam beberapa cara. Hutan bertindak sebagai sink untuk karbon dioksida melalui proses yang disebut penyerapan karbon. Pohon menyimpan karbon dioksida dalam jaringan tanaman mereka saat mereka mengambil gas ini untuk menjalani makanan keputusan. Akibatnya, tindakan ini menghilangkan karbon dioksida dari udara. Ketika hutan dibakar dan dihancurkan, tempat penyimpanan ini untuk karbon dioksida dihapus, meningkatkan konsentrasi karbon dioksida di atmosfer.

Kebakaran kayu

kebakaran kayu menyebabkan polusi udara dengan melepaskan partikel ke udara. Partikel-partikel ini dapat menjadi bersarang di sistem pernapasan Anda, menyebabkan iritasi pada jaringan. Partikel juga bisa memperburuk kondisi kesehatan yang ada seperti asma, memperingatkan AS Badan Perlindungan Lingkungan.

Merokok

Anda masih berisiko bahaya merokok bahkan jika Anda bukan perokok. The University of Minnesota memperkirakan bahwa hingga 90 persen dari populasi Amerika secara rutin terpapar asap rokok. Asap tembakau mengandung 40 karsinogen, sehingga bentuk terutama mematikan polusi udara.

Proses alami

proses alam dapat memberikan kontribusi pada efek dari polusi udara. peristiwa alam seperti gunung berapi dan tornado dapat membangkitkan puing-puing dan menyebabkan polusi udara meluas. erosi alami dari batu dan tanah juga melepaskan racun seperti radon ke udara.

 

Dampak Polusi Udara:

  1. Pernapasan dan masalah jantung: Efek polusi udara yang mengkhawatirkan. Mereka dikenal untuk membuat beberapa kondisi pernafasan dan jantung bersama dengan Kanker, antara ancaman lain bagi tubuh. Beberapa jutaan diketahui telah meninggal karena efek langsung atau tidak langsung dari polusi udara. Anak-anak di daerah yang terkena polusi udara dikatakan umumnya menderita pneumonia dan asma.
  2. Pemanasan global: efek langsung lain adalah perubahan langsung bahwa dunia sedang menyaksikan akibat pemanasan global. Dengan meningkatnya dunia suhu yang luas, peningkatan permukaan air laut dan mencairnya es dari daerah dingin dan gunung es, perpindahan dan hilangnya habitat telah mengisyaratkan suatu bencana yang akan datang jika tindakan untuk pelestarian dan normalisasi tidak dilakukan segera.
  3. Hujan Asam: dampak pencemaran udara selanjutnya adalah gas Berbahaya seperti nitrogen oksida dan sulfur oksida yang dilepaskan ke atmosfer selama pembakaran bahan bakar fosil. Saat hujan, tetesan air menggabungkan dengan polusi udara ini, menjadi asam dan kemudian jatuh di tanah dalam bentuk hujan asam. Hujan asam dapat menyebabkan kerusakan besar untuk manusia, hewan dan tanaman.
  4. Eutrofikasi: Eutrofikasi adalah suatu kondisi di mana jumlah tinggi hadir nitrogen di beberapa polutan akan dikembangkan di permukaan laut dan mati sendiri ganggang dan dan mempengaruhi ikan, tanaman dan spesies hewan. Ganggang berwarna hijau yang hadir pada danau dan kolam adalah karena adanya bahan kimia ini saja.
  5. Efek pada Wildlife: Sama seperti manusia, hewan juga menghadapi beberapa menghancurkan mempengaruhi polusi udara. bahan kimia beracun yang ada di udara dapat memaksa spesies satwa liar untuk pindah ke tempat baru dan mengubah habitat mereka. Polutan beracun deposito di atas permukaan air dan juga dapat mempengaruhi hewan laut.
author

Leave a reply "Pencemaran Udara: Pengertian, Penyebab dan Dampaknya"